Dapatkan Bibir Menjadi Kering Karena Lipstik Matte?

Perawatan pribadi, termasuk perawatan wajah, adalah penting. Perawatan yang tepat menjaga wajah Anda tetap segar dan memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang positif dan optimis. Bagian tubuh yang mendukung wajah segar adalah bibir.

Selain kesan positif yang dibuat oleh mitra percakapan, perawatan bibir sangat penting bagi mereka yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Selama musim kemarau, cairan di tubuh Anda mudah menguap dan kulit Anda, termasuk bibir Anda, menjadi kering. Masalahnya berlanjut, bibir ini sedikit pecah dan bahkan berdarah.

Lipstik matte memiliki kelebihan daripada jenis lipstik yang lain, yaitu memiliki warna yang intens dan lebih tahan lama. Maka dari itu jenis lipstik yang satu ini masih digemari oleh para pencinta makeup di berbagai Negara, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya, sebagian besar produk lipstik matte cenderung menyebabkan bibir kering. Parahnya lagi, lipstik jenis ini juga terkadang bisa membuat garis-garis bibir semakin terlihat pada bibir yang sudah kering. Tapi Anda tak perlu khawatir karena beberapa tips dibawah ini bisa membantu Anda tetap cantik dan tampil sempurna dengan lipstik matte.


Trik Agar Terhindar Dari Bibir Kering dan Pecah karena Lipstik Matte

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Air merupakan komponen utama yang diperlukan tubuh untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat ditandai dengan bibir kering dan pecah-pecah, dan lipstik matte dapat membuat kontur bibir tersebut semakin terlihat jelas. Dengan banyak minum air putih, Anda dapat terhindar dari kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah, serta Anda bisa dengan nyaman menggunakan lipstik matte. Lalu yang kedua, Anda harus menghindari kebiasaan menjilat bibir. Alih-alih melembapkan bibir, kebiasaan menjilat justru membuat bibir semakin kering karena air liur mengandung enzim yang dapat membuat kulit menjadi kering.

Masalah utama yang sering dikeluhkan wanita adalah ketika bibir kering dan hitam. Baik melalui paparan sinar matahari, AC, lipstik atau kurangnya kelembaban, bibir kehilangan kecantikannya.

Dan ternyata menggunakan lip balm saja tidak cukup. Karena lip balm hanya melindungi dari kelembaban untuk sesaat dan tidak menjaga bibir tetap merah.

Untuk mengatasinya, ada tiga langkah yang bisa Anda ambil untuk mendapatkan bibir merah alami yang halus.

Anda juga perlu menggunakan pelembap bibir sebelum mengaplikasikan lipstik matte pada bibir anda. Tujuannya adalah agar bibir Anda tetap ternutrisi dan terjaga kelembapannya. Oleskan pelembap bibir secara tipis dan merata pada permukaan bibir Anda sebelum menggunakan lipstik matte. Selanjutnya, Anda perlu menghapus lipstik sampai bersih sebelum touch up. Jangan pernah menimpa lipstik lama dengan olesan lipstik baru karena tumpukan lapisan lipstik yang terlalu tebal di bibir Anda dapat membuat bibir terlihat pecah-pecah. Dan yang terakhir, Anda bisa melakukan eksfoliasi jika diperlukan, yaitu yaitu mengelupas lapisan kulit yang telah mati. Caranya dengan menggunakan scrub bibir, kelupaslah kulit bibir yang mati dengan cara menggosok dengan jari secara perlahan selama kurang lebih satu menit. Usap sisa scrub dengan handuk atau kain halus, lalu bilas dengan air bersih, lalu lanjutkan dengan mengoleskan lip balm secara merata.